cover
Contact Name
Wilda Syam Tonra
Contact Email
wildaunkhair@gmail.com
Phone
+6285146375650
Journal Mail Official
wildaunkhair@gmail.com
Editorial Address
Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
Delta-Pi : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Published by Universitas Khairun
ISSN : 2089855X     EISSN : 25412906     DOI : 10.33387/dpi
Core Subject : Science, Education,
Delta pi jurnal adalah jurnal yang memuat hasil penelitian pendidikan matematika dan matematika yang dipublikasi sebanyak 2 kali dalam setahun di bulan April dan Oktober di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Khairun.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2012): Periode Bulan Oktober" : 8 Documents clear
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN REPRESENTASI MATEMATIK SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL YANG TERINTEGRASI DENGAN SOFT SKILL In Hi Abdullah
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2012): Periode Bulan Oktober
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.235 KB) | DOI: 10.33387/dpi.v1i2.88

Abstract

Kemampuan pemahaman dan representasi matematik merupakan suatu hal yang selalu muncul ketika orang mempelajari matematika pada semua tingkatan/level pendidikan, maka dipandang bahwa pemahaman dan representasi merupakan suatu komponen yang layak mendapat perhatian serius.  Dengan demikian pemahaman dan representasi matematik perlu mendapat penekanan dan dimunculkan dalam proses pembelajaran matematika di sekolah. Beberapa penelitian menunjukkan  bahwa kemampuan  pemahaman dan representasi matematik siswa yang cerdas merupakan kunci memperoleh solusi yang tepat dalam memecahkan masalah. Akan tetapi, kebanyakan siswa gagal memahami pentingnya hubungan antara jenis-jenis representasi yang berbeda, karena kesulitan memformulasikan masalah aplikasi kongkrit kedalam masalah matematika abstrak. Oleh karenanya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan representasi matematik siswa diperlukan bahan ajar dan perangkat pembelajaran yang baik pula. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dan representasi matematik. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka metode yang digunakan adalah metode pengembangan. Kegiatannya meliputi: (1) analisis secara teoritis tentang bahan ajar  dan perangkat pembelajaran matematika, (2) analisis teoritis tentang pemahaman dan representasi matematik, (3) analisis secara empiris identifikasi permasalahan lapangan berkenaan dengan bahan ajar dan perangkat  pembelajaran,  (4) mengembangkan prototipe bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan representasi matematik, (5) analisis teoritik  bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan representasi matematik siswa; (6) model konseptual yang telah disusun kemudian divalidasi oleh pakar (expert judgement)  sesuai dengan keahliannya. Tahapan validasi dilakukan agar model konseptual mempunyai dasar teori yang ajeg dan sesuai dengan kaida ilmiah, (7) penyempurnaan model bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan representasi matematik;  (8) ujicoba terbatas bahan ajar; (9) penyempurnaan bahan ajar dan rublik untuk meningkatkan kemampuan  pemahaman dan representasi matematik. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa bahan ajar dan perangkat pembelajaran yang dihasilkan telah memenuhi standar untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemahaman dan representasi matematik siswa melalui  pembelajaran kontekstual yang terintegrasi dengan soft skill.
IDEAL DALAM ALJABAR LINTASAN LEAVITT Ida Kurnia Waliyanti
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2012): Periode Bulan Oktober
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.327 KB) | DOI: 10.33387/dpi.v1i2.83

Abstract

Graf dapat dipandang sebagai aljabar lintasan dan jika graf tersebut diperluas dapat didefinisikan suatu aljabar lintasan Leavitt, yang pada kenyataannya merupakan Z-aljabar bertingkat. Selanjutnya akan dibahas pembentukan ideal dalam aljabar lintasan Leavitt, yang dibangun oleh himpunan bagian titik-titik yang herediter dan tersaturasi. Dengan membentuk graf baru dari suatu graf yang diberikan, dapat disimpulkan bahwa ideal bertingkat dari suatu aljabar lintasan Leavitt merupakan aljabar lintasan Leavitt juga.
PENGGUNAAN HYPERMEDIA PADA MATA KULIAH KALKULUS II UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNKHAIR Hamid, Ikram; Saprudin, Saprudin
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2012): Periode Bulan Oktober
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (88.225 KB) | DOI: 10.33387/dpi.v1i2.90

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menggunakan hypermedia sebagai upaya peningkatan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus II. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan pada mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP UNKHAIR yang mengontrak mata kuliah Kalkulus II tahun akademik 2011-2012. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes melalui instrumen tes berupa soal-soal essay. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa penggunaan multimedia hypermedia lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
MODEL PERAMBATAN PANAS SECARA MATEMATIKA PADA PROSES PEMANASAN KUE BAGEA KENARI Hasan Hamid
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2012): Periode Bulan Oktober
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.581 KB) | DOI: 10.33387/dpi.v1i2.84

Abstract

Penelitian ini bertujuan mempelajari dan menjelaskan bagaimana dinamika perambatan panas yang terjadi pada pusat bagea kenari yang berbentuk tabung. Proses pengeringan/pemanasan dengan suhu tinggi secara matematika dapat dimodelkan ke dalam persamaan diferensial parsial yaitu persamaan panas dengan syarat awal dan syarat batas.
PEMECAHAN MASALAH DAN REPRESENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA Bani, Asmar
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2012): Periode Bulan Oktober
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (86.995 KB) | DOI: 10.33387/dpi.v1i2.91

Abstract

Pemecahan masalah merupakan kajian yang dibahas dalam makalah ini. Sebuah masalah matematika yang diajukan pada siswa dan siswa tersebut dapat menyelesaikannya, maka setidaknya siswa memahami masalah tersebut, sehinga siswa dapat merencanakan penyelesaian, melaksanakan perhitungan dengan tepat, Dan dapat memeriksa atau melihat kembali apa yang telah diproses sudah tepat. Selain itu, representasi pembelajaran matematika akan dibahas pada bagian selanjutnya. Aspek representasi matematik siswa dapat memberikan gambaran, penterjemahan, pengungkapan, penunjukkan kembali, pelambangan, gagasan, konsep matematik, dan hubungan di antaranya  yang termuat dalam suatu konfigurasi, konstruksi, atau situasi masalah tertentu yang ditampilkan oleh siswa dalam bentuk beragam sebagai upaya memperoleh kejelasan makna, menunjukkan pemahamannya, atau mencari solusi dari masalah yang dihadapinya.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR Tamrin, Marwia
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2012): Periode Bulan Oktober
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.89 KB) | DOI: 10.33387/dpi.v1i2.85

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang secara umum bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan hasil belajar siswa pada materi limit fungsi aljabar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada materi limit fungsi aljabar. Penelitian eksperimen ini melibatkan siswa Kelas XI IPA-5 (X1) dan IPA-4 (X2) SMA Negeri 4 Kota Ternate sebagai sampel penelitian. Jumlah sampel penelitian adalah 66 siswa yang terdistribusi pada kelas X1 32 siswa dan kelas X2 34 siswa. data yang diperoleh melalui pre-test dan post tes 4 butir soal sebagai instrument penelitian. Analisa data menggunakan presentase, dan tingkat pengusaan siswa didasarkan pada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)  mata pelajaran matematika pada sekolah tersebut yaitu 75. Dari hasil analisa pre-test menunjukan nilai rata-rata yang dicapai kelas X1 mencapai 29,43% dan pada kelas X2 mencapai 32,5%. Selanjutnya pada post-test nilai rata-rata yang dipeoleh kelas X1 meningkat menjadi 78,34% sedangkan kelas X2 hanya 60,5%. Dan pencapaian KKM untuk kelas X1 81,25% dan Kelas X2 20,59%. Kemudian dalam pengujian hipotesis menggunakan uji komparatif  dimana  nilai thitung = 5,6445 dan dibandingkan dengan Ttabel untuk taraf 0,05, dk = 64 dan diperoleh nilai ttabel = 1,9977. Maka dapat dibandingkan thitung = 5,6445  ttabel = 1,9977. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas X1  dan  X2. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi limit fungsi aljabar.
PEMETAAN KOMPETENSI DAN PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI KABUPATEN KEPULAUAN SULA Soleman Saidi
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2012): Periode Bulan Oktober
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.264 KB) | DOI: 10.33387/dpi.v1i2.86

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan eksploratif, bertujuan untuk: 1) Mengungkap peta standar kompetensi dan kompetensi dasar yang belum dikuasai oleh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) pada mata pelajaran Matematika di kabupaten Kepulauan Sula, 2) Mengungkap faktor-faktor yang menyebabkan ketidaktuntasan penguasaan kompetensi dasar dan standar kompetensi oleh siswa. 3) Menemukan alternatif pemecahaan yang dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaaan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Prosedur dan metode serta analisis untuk tahap I (pertama) menggunakan pendekatan survei dan deskriptif eksploratif, untuk mengetahui faktor penyebab, dan menemukan alternatif pemecahan masalahnya. Sedangkan untuk teknik analisis data pada tahap II (dua), menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif, dengan melakukan analisis hasil implementasi pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor Penyebab ketidaktuntasan kompetensi dasar mata pelajaran Matematika di SMA di Kabupaten Kepulauan Sula yakni 8 standar nasional pendidikan dipengaruhi oleh : 1) kebijakan pemerintah tentang pendidikan gratis, 2) Sumberdaya Manusia (SDM) dan Sarana Prasarana Pendidikan yang kurang memadai. Alternatif Model pemecahan yang ditawarkan adalah kegiatan peningkatan mutu pendidikan melalui kegiatan MGMP, TOT dan pelatihan bagi tenaga pendidik. Bentuk implementasi Penguatan dan Peningkatan Pengelolaan MGMP, Penguatan dan Peningkatan Monitoring Pembelajaran di Kelas, TOT desain dan implementasi perangkat pembelajaran berbasis kepulauan, TOT desain media pembelajaran, Induksi Peningkatan kualitas proses pembelajaran melalui Lesson Study, TOT desain MULOK melalui pengembangan modul MULOK, TOT MBS
MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA EDUKATIF (APE) Siti Zaenab Nursyam
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2012): Periode Bulan Oktober
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (92.244 KB) | DOI: 10.33387/dpi.v1i2.87

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk Untuk mengetahui penggunaan Alat Peraga Edukatif (APE) dapat meningkatkan pemahaman bilangan pada anak TK. Subyek penelitian ini adalah seluruh anak-anak pada TK Mawar Jati Soakonora Jailolo Kabupaten Halmahera Barat yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan teknik analisis kualitatif, instrumen tes mengacu pada materi pengenalan bilangan dan operasi penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan Alat Peraga Edukatif (APE), Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pemahaman anak TK sebelum menggunakan Alat Peraga Edukatif (APE) ada perubahan, seperti yang terlihat pada lampiran 7 pemahaman anak terhadap bilangan sebelum menggunakan Alat Peraga Edukatif (APE) adalah = 2,15 yang berarti bahwa pemahaman anak terhadap bilangan yang dikategorikan bahwa hampir semua aspek dari pertanyaan dijawab dengan benar, sedangkan tingkat penguasaan siswa = 21,5% atau kualifikasi gagal. Pemahaman siswa terhadap bilangan setelah menggunakan Alat Peraga Edukatif (APE) adalah 7,8 yang berarti bahwa semua aspek dari pertanyaan dijawab dengan lengkap,  jelas dan benar, sedangkan tingkat penguasaan anak = 78%  atau termasuk dalam kualifikasi cukup.

Page 1 of 1 | Total Record : 8